Friday, December 12, 2014

Assalamualaikum  wr  wb

                Saya akan memposting bagaimana cara membuat membuat robot line tracer sederhana.Line tracer adalah robot pintar yang berjalan mengikuti garis hitam. Line tracer yang saya buat kali ini adalah line tracer analog dengan menggunakan IC LM 339 N. Line tracer sendiri terdiri dari 3 bagian  yaitu sensor baca garis, driver (otak) dan pengerak (motor). Untuk lebih jelasnya seperti inilah gambar dari line tracer saya.........






Tahap yang pertama
Pada tahap pertama ini saya akan membuat sensor pembaca garis ,Karena masih belajar saya hanya memberi 2 sensor saja. komponennya cukup simpel yaitu menggunakan 2 lampu LED, 2 photo diode, 2 resistor ukuran 560 K ohm , dan resistor ukuran 1 K. Untuk lebih jelasnya seperti inilah gambar dari sensor yang saya pakai...




Tahap yang ke dua
Pada tahap yang ke dua ini saya akan membuat driver atau otak dari robot yang akan saya buat. Tanpa ada river robot tidak dapat beroprasi sewperti yang kita harapkan. Dengan adanya driver semua sistem dapat diatur dan dimaksimalkan pengoprasiannya. Saya menggunakan IC LM 339 n untuk otaknya. Untuk komponennya meliputi:
IC
LM 339 N
1 BUAH
TRIMPOT
20 K
2 BUAH
TRANSISTOR
9012
12 BUAH
TRANSISTOR
9013
4 BUAH
RESISTOR
10 K
12 BUAH
RESISTOR
100 k
4 BUAH
RESISTOR
1,5 ohm
4 BUAH
RESISTOR
1 K
4 BUAH
LAMPU LED
SESUAI SELERA
4 BUAH
SOKET
4 KAKI
2 PASANG
SOKET
2 KAKI
3 PASANG
Untuk lebih jelasnya seperti inilah driver robot saya:






Pada tahap yang ketiga
Pada tahap ini saya akan membuat bagian pengerak dari robot yaitu motor. Saya menggunakan motor jenis  DC 5.9, seperti inilah motor yang saya pakai.



Saya memasang 2 motor yang masing masing sudah diatur oleh driver dan sensor, cara kerjanya adalah apabila sensor kanan membaca tikungan maka motor yang sebelah kanan akan mati dan motor kiri akan bergerak, Begitu juga dengan motor yang sebelah kiri, apabila sensor sebelah kiri membaca tikungan maka motor sebelah kanan akan aktif dan motor kanan akan mati. Namun apabila membaca garis lurus motor akan aktif bersama. Untuk lebihg jelasnya seperti inilah motor yang saya gunakan.






foto saat pembuatan 









Sekian tutorial dari saya tentang cara membuat line tracer sederhana.semoga dapat menjadi referensi bagi yang membaca. Terima kasih..

1 comment: